10592742_808557579184944_173792334067846397_n

Gelar Baru Tanggung Jawab Baru

Alhamdulillahirabbil ‘alamin

Kata syukur terucap dari bibir ini, puji syukur kehadirat Allah SWT, karena taufik dan hidayah-Nya akhirnya aku bisa menyelesaikan studi S-1 dari Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Ya, kemarin tepatnya hari Minggu, 10 Agustus 2014 aku menjalani prosesi Wisuda Sarjana S-1 di Gedung Multi Purpose UIN Sunan Kalijaga.

Alhamdulillah anakku, akhirnya kamu wisuda. Ibu sempat khawatir kamu tidak menyelesaikan studimu saat mencapai tahun ke-5, karena ibu melihat beberapa pengalaman tetangga maupun saudara yang putus kuliah di tengah jalan. Tapi ibu percaya kamu, selalu mendoakanmu dalam tiap sholat 5 waktu maupun sholat tahajud, sampai akhirnya kamu sidang munaqosyah/pendadaran, kemudian besok wisuda ibu akhirnya lega dan bersyukur sedalam-dalamnya. (Sepenggal kalimat dari Ibunda yang membuat saya terharu)

4 tahun 9 bulan lulus dari S-1 bukanlah sesuatu yang istimewa dari segi lama studi, karena sudah dianggap tidak tepat waktu. Tapi menurutku aku memang tidak lulus tepat waktu, melainkan “lulus di waktu yang tepat”. Amin.

Muhammad Ridwan Firdaus bin Kino, S.H., Gunungkidul, dengan predikat Cum Laude. (Pemanggilan saat akan pemindahan tali dari kiri ke kanan oleh Dekan Fakultas Syariah dan Hukum, Prof. Noordhaidi.)

Alhamdulillah, di periode wisuda Agustus 2014 ini aku memperoleh IPK 3,76 (tiga koma tujuh puluh enam), peringkat 5 jurusan, peringkat 1 untuk laki-laki di jurusan, peringkat 18 fakultas, peringkat 5 untuk laki-laki di fakultas. Prestasi memang bukan soal angka semata, akan tetapi angka adalah salah satu parameter untuk mengukur keberhasilan, salah satunya dalam belajar. Semoga IPK yang didapat berbanding lurus dengan ilmu yang didapat dan dikuasai, semoga selalu berkembang dan dikembangkan.

Pada akhirnya, gelar kesarjanaan ini (Muhammad Ridwan Firdaus, S.H.I.) harus disadari merupakan anugerah dari Tuhan YME, Allah SWT, tanpa kekuatan dari-Nya, saya takkan bisa berbuat apa-apa.

La haula wa quwwata illa billah.
(Tiada daya dan kekuatan melainkan dari Allah SWT.)

Saya adalah akumulasi dari masa lalu, begitu kata Chairul Tanjung. Saya sekarang adalah hasil didikan dan bimbingan 2 orang hebat, kedua orang tua saya, Kino, S.H. dan Wartilah, yang secara luar biasa mendidik dengan sabar penuh kasih sayang, yang keduanya memberikan pelukan hangat usai saya wisuda. Ada 2 orang hebat lagi yang tiada henti mendorong saya untuk berhasil, yang ingin menjadikan saya sebagai panutan mereka, iya kedua adikku, Mukhlas Imam Muhajir (sekarang kuliah di Teknik Informatika UIN Sunan Kalijaga) dan Maisaroh Farida Nurrohmah (sekarang kuliah di PGSD UNY), semoga mereka senantiasa dalam lindungan-Mu dan dilancarkan studinya, Amin. Saya turut mengucapkan terima kasih kepada Ainabila Kintaninani, S.Psi., yang telah menjadi motivatior maupun trainer hebat selama hampir 2 tahun terakhir.

Emm, masih banyak orang-orang berjasa dalam hidupku. Teman-teman jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (Hukum Islam) angkatan 2009 yang telah berjuang bersama selama kurang lebih 5 tahun terakhir. Ada Fathoni, Andy, Fahmi, Aqib, Ulya, Fitri, Nayla, Atia, Ashwab, Amir, Ayik, Najib dll. Ada teman-teman PSKH, Wildan, Helmy, Rizky, Azim, Zuber, Miftah, Didik, Jihad, Emil, dkk. Ada sahabat Dejoomla, Danang, Hendy, Erpin, Syifa, Hafiz, Ama. Ada teman-teman PKBI, Mbak Dian, Mbak Nana, Mbak Zizah, Darso, Nisa, Alya, Nuy, Nurul, Rini. Ada teman-teman kos Dinasti, Sulkhan, mas Suhan, Izzi, Cholis, Munir, Ali, Udin, Nanang, mas Imam, Lukman. Dan tanpa mengurangi rasa hormat, semua pihak yang tidak saya sebutkan satu per satu yang telah berjasa dalam hidup saya. Sekali lagi, saya ucapkan terima kasih sedalam-dalamnya, Allah SWT yang akan membalas semua kebaikan.

Seperti filosofi padi, semakin berisi semakin menunduk. Semoga gelar ini membawa saya tetap dalam kerendahan hati, tidak ada sedikit pun kesombongan.

Sebagai penutup, saya sampaikan bahwa ketika kita mempunya gelar baru maka sudah selayaknya tanggung jawab kita akan bertambah, iya, gelar baru tanggung jawab baru. Sebagai sarjana dalam bidang keilmuan hukum Islam (sebagai Sarjana Hukum Islam), sudah selayaknya kita memberikan sumbangsih dalam pembangunan hukum nasional, khususnya dalam bidang hukum Islam. Semoga saya bisa menjadi sarjana yang memberikan manfaat kepada semesta. Semoga saya bisa amanah dengan gelar baru yang disandang.

 

Gunungkidul, 14 Agustus 2014
Muhammad Ridwan Firdaus, S.H.I.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s