Debat Capres-Cawapres #1

Selamat malam kawan
Assalamu’alaikum

Sudah pukul 00.12 WIB, artinya hampir 2 jam Debat Capres-Cawapres telah lewat. Ya, ini adalah debat untuk yang pertama dalam Pilpres 2014. Mengapa kemudian menjadi penting? Penting, karena ini adalah wadah yang resmi 2 pasangan untuk menyampaikan ide dan gagasan dalam saling beradu pandangan. Tentunya ini bisa menjadi salah satu parameter bagi kita untuk menilai kualitas calon RI 1 dan RI 2. Perkenalkan 4 putra terbaik bangsa; Prabowo Subiyanto dan Hatta Rajasa, Joko Widodo dan Jusuf Kalla.

Selama kurang lebih 2 jam kita melihat 6 sesi debat yang begitu riuh dengan suporter dari kedua belah pihak. Kebetulan pada malam hari ini bahasan berkaitan dengan hukum. Saya kira untuk jalannya debat kawan-kawan bisa menilai secara pribadi. Kalau saya boleh simpulkan 2 pasangan ini kurang tajam analisa seputar hukum, maklum karena mereka bukan sarjana hukum. Debat lebih berkutat pada hal-hal umum terkait visi dan misi kedua pasangan. Hanya saja disayangkan pasangan No. 2 mengungkit isu pribadi Prabowo Subiyanto, yakni isu HAM yang tidak terbukti sampai sekarang.

Menurut hemat saya, sebaiknya debat kedepan harus lebih produktif, tak lagi soal penyerangan pribadi (personal attack). Hal tersebut menurut saya memalukan dan cenderung tidak mendidik bagi rakyat. Jangan salah, ini bagian dari pendidikan politik bangsa. Kalau boleh mengutip Anies Baswedan, “Lawan debat adalah teman berpikir”, selayaknya inilah yang diejawantahkan khususnya bagi pasangan No.2, ABW kan jubir pasangan tersebut. Mereka adalah 4 putra terbaik bangsa, jangan sampai gegara pilpres ini justru kita diisi dengan dendam. Suara akar rumput terkadang lebih ekstrim daripada di tingkat atas. Intinya mari kita simak debat selanjutnya dengan tema-tema yang lain. Harapannya kedepan debat bisa lebih prduktif. Amin.

Jangan lupa pastikan nyoblos pada 9 Juli 2014.

Wassalamu ‘alaikum

Turunkan harga secepatnya

Berikan kami pekerjaan

Pasti kan kuangkat engkau

Menjadi manusia setengah dewa

~Iwan Fals~

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s