MY MUNAQOSYAH

Hai kawan, tahukah kau apa itu munaqosyah?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut ijinkan terlebih saya untuk menjelaskan perjalanan akademik saya menuju sarjana. Ya, saya adalah mahasiswa tingkat akhir (sudah semester sepuluh) di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. Sebagai mahasiswa tingkat akhir saya berkutat pada hal umum yang dihadapi oleh kawan sejenis saya, yakni skripsi. Setahun lebih, hampir 3 semester saya mengerjakan skripsi dan di penghujung semester sepuluh ini alhamdulillah saya sudah akan menempuh munaqosyah. Munaqosyah adalah sidang pengujian skripsi saya, apakah akan diterima atau tidak, kalau di kampus lain atau kawan sering mendengarnya sidang pendadaran. Ya, itulah munaqosyah, sidang pendadaran.

Alhamdulillah dengan mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, Allah Swt., besok Jumat 30 Mei 2014 M/ 1 Sya’ban 1435 H saya akan menempuh sidang munaqosyah saya di hadapan 2 penguji saya; Drs. Supriatna, M.SI. dan Dr. H. Agus Moh Najib, MA. Sementara pembimbang saya yang telah mengantar dan membimbing saya sampai titik ini adalah beliau Dra. Hj. Ermi Suhasti, M.SI. Adapun sidang munaqosyah saya akan dilaksanakan pukul 09.00 wib di Ruang Munaqosyah Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga Islam) Fakultas Syari’ah dan Hukum.

Saya memohon doa kepada seluruh kawan, sahabat, serta saudara semuanya agar munaqosyah saya besok dilancarkan. Saya berharap kawan dapat berada di sana untuk menyaksikan munaqosyah saya, adapun ini adalah harapan saya secara pribadi. Grogi, khawatir, cemas mungkin ini yang rasakan pada H-1 munaqosyah, yang mungkin ini juga dialami kawan-kawan saya yang lain ketika akan menghadapi ujian/sidang. Tapi ini adalah salah satu momen penentuan dalam hidup saya, menatap sarjana, melewati satu gerbang keilmuan bidang Hukum Islam, dan Insyaallah akan dilanjutkan menuju gerbang-gerbang yang lain. Ini adalah awal saya menatap dunia, awal saya menjelajahi dunia yang lebih luas. Bukan dunia yang kejam, melainkan dunia yang membutuhkan orang yang memiliki kompetensi dan kualitas. Semoga saya adalah salah satu orangnya.

Tak lupa saya mengucapkan terima kasih saya kepada semua pihak yang telah mengantarkan saya sampai titik ini. Ayah saya Kino Riyanto, S.H., Ibu saya Wartilah, Adik saya Mukhlas Imam Muhajir dan Maisaroh Farida Nurrohmah, pacar saya Ainabila Kintaninani, S.Psi., Sahabat De Joomla, kawan PSKH UIN Sunan Kalijaga, kawan PKBI Kota Yogyakarta, dan semua pihak yang tidak saya sebutkan satu per satu. Semoga saya nantinya bisa menjadi sarjana yang sujana. Amin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s