27 Mei 2014 Adalah Hari Bersejarah

Selasa, 27 Mei 2014 – Hari ini, Selasa 27 Mei bertepatan dengan 27 Rajab 1435 H banyak peristiwa terjadi. Kalau ada waktu, boleh baca tulisan saya ya. Yang pertama, hari ini adalah peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Ini adalah perjalanan terbesar dan terjauh yang pernah dialami umat manusia. Bagaimana tidak, perjalanan dari Makkah menuju Palestina yang kemudian dilanjutkan ke Sidratul Muntaha (:angit ke-7) dilaksanakan hanya dalam waktu satu malam, iman lah yang bisa mempercayai peristiwa ini. Inilah peristiwa bersejarah dimana turunnya perintah sholat 5 lima waktu yang sampai sekarang dilakukan sepanjang waktu oleh muslim di seluruh dunia. 620 – 2014 M, dan akan berlanjut sampai kiamat. Ini adalah perjalanan sprititual paling suci, perintah suci diturunkan untuk umat manusia. Sudahkah kita suci?

Peristiwa kedua, 27 Mei adalah adalah rasydul qiblat. Ini adalah peristiwa atau fenomena besar bagi umat Islam yaitu hari dimana Matahari tepat berada di atas Ka’bah di Masjidil Haram. Apa urgensinya? Inilah saatnya kita meluruskan arah kiblat dengan metode simpel yang akurat. Perlu diketahui untuk Indonesia Bagian Barat (WIB), Rasydul Qiblah akan terjadi pada tiap tanggal 27/28 Mei pukul 16.18 WIB dan 15/16 Juli pukul 16.27 WIB. Kita baca kembali firman Allah Swt.: “Dan dari mana saja engkau keluar (untuk shalat), maka hadapkanlah mukamu ke arah Masjidil Haram (Ka’bah), dan sesungguhnya perintah berkiblat ke Ka’bah itu adalah benar dari Tuhanmu. Dan (ingatlah), Allah tidak sekali-kali lalai akan segala apa yang kamu lakukan.” (QS. Al-Baqarah : 149). 

Peristiwa ketiga, 27 Mei adalah peringatan ulang tahun atau hari jadi Kabupaten Gunungkidul, tanah kelahiranku, yang ke-183. Untuk ukuran kabupaten memang masih muda, namun Gunungkidul terus berbenah dari semula orang menganggap Gunungkidul adalah daerah tertinggal menjadi daerah tujuan wisata. Kita harus terus mempunyai optimisme bahwa Gunungkidul kedepan akan maju dan menjadi daerah yang adil makmur sejahtera gemah ripah loh jinawi, tata titi tentrem. Dirgahayu Gunungkidulku, Green and Great.

Peristiwa keempat, 27 Mei adalah peringatan gempa Jogja. 8 tahun lalu, tepatnya 27 Mei 2006 Jogja diguncang gempa 5,7 SR yang meluluhkan lantahkan Bantul dan Jogja sekitarnya. Ini adalah bencana yang memilukan, memakan banyak korban jiwa. Banyak yang menjadi yatim, banyak yang menjadi piatu, banyak yang kehilangan orang terkasihnya. Namun Jogja telah bangkit, dengan semangat bersama peringatan ini 8 tahun peringatan gempa Jogja tidak hanya sebagai ajang mengenang penderitaan melainkan sebagai tekad dan tindakan untuk bangkit menuju Jogja yang kuat Jogja yang semakin hebat.

Peristiwa kelima, 27 Mei adalah ulang tahun kawan saya dan ibunda kawan saya, mungkin tidak perlu saya sebutkan namanya ya karena saya belum meminta ijin. Yang jelas semoga hidupnya barokah dan sehat sepanjang waktu. Barakallah fi umrihum.

Peristiwa keenam, 27 Mei 2014, ini adalah personal yang saya alami. Iya, hari ini adalah hari pertama saya memakai kacamata. Setelah 23 tahun lebih tidak pernah memakai kacamata, pada akhirnya saya harus menyadari bahwa tiada manusia yang sempurna, saya memiliki banyak kelemahan yakni penglihatan saya yang semakin menurun. Dengan kacamata saya jadikan sebagai mata baru untuk melihat dunia yang lebih luas, masih banyak tantangan di luar sana yang harus saya taklukkan, Saya akan melihat lebih jelas, saya akan melihat lebih jeli setiap kesempatan setiap tantangan yang ada. Boleh saya simpulkan bahwa hari ini, Jumat 27 Mei 2014 adalah hari yang bersejarah. Ingat kembali perkataan proklamator, presiden pertama RI “JASMERAH – Jangan Sekali-Kali Melupakan Sejarah.” Terima kasih, semoga tulisan ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s